Konsultasi Sehat

Konsultasi Sehat

dr. Adika Minaoki
0857 4783 7290
Andi Suhendi, S.Farm., Apt.
0852 2649 4607

Konsultasi

Penyebab Osteochondroma

Pertanyaan:

Bu dokter,

2 Tahun yang lalu saya pernah terkena penyakit tumor tulang di punggung saya letaknya di bagian kanan atas dan mendekati tulang punggung….

setelah saya cek di medan katanya harus dioperasi dan dibawa ke penang, saat itu saya melakukan MRI dan didiagnosa terkena Osteochondroma (saya sudah agak lupa semoga benar) nah kata dokter setelah saya dioperasi , tumor jinak ini tidak akan muncul lagi, alhasil setelah saya melakukan operasi, tumor pun dikeluarkan dan punggung sudah tidak benjol lagi…tapi kemudian 2 kaki saya menjadi lumpuh dan saya berusaha melakukan fisioteraphy, dan sampai saat ini 2 tahun kaki saya bisa digerakkan lagi dan bisa berjalan, namun tidak bisa seperti orang normal , kaki sering gemetar terkadang jika terkejut atau grogi jika di tempat ramai…

namun hal yang tidak diingini datang kembali, punggung saya kembali mengalami benjolan, hampir sama seperti 2 tahun yang lalu, awalnya kecil dan sekarang makin besar kembali, membuat punggung terasa nyeri, pegal dan ngilu, jika duduk setengah jam, sudah harus tiduran karena sakit ,pegal dan nyeri… orang tua berpikir harus dilakukan operasi lagi untuk mengeluarkan tumor tersebut, namun ada keraguan di dalam pikiran saya,apakah jika dioperasi kembali tumor tersebut akan datang kembali, jika hal begitu maka semuanya akan sia-sia…dan hal yang cukup membuat saya takut adalah saya harus kembali bersabar untuk bisa berjalan kembali karena membutuhkan waktu dan perjuangan yang lama..

pertanyaan saya, apakah tumor yang saya derita ini merupakan tumor jinak atau ganas (dari diagnosa dokter katanya tumor jinak dan tidak akan tumbuh lagi, tapi ternyata masih) apakah ada penanganan yang lain? pengobatan yang lebih baik yang bisa dokter sarankan? apakah dengan afiafit bisa mengatasi hal ini dok?

saya mohon solusinya dari kamu dok, saya menunggu solusi dari anda sebelum saya melakukan pembedahan kembali..

terima kasih banyak dokter..

Jawaban:

Pada asalnya, jika memang benar osteochondroma, itu adalah tumor jinak. Namun bisa saja berubah menjadi tumor ganas atau tumbuh lagi. Gangguan pada kaki yang Anda alami, kemungkinan karena gangguan saraf akibat komplikasi penyebaran tumor atau desakan dari tumor yang merusak saraf. Memang membutuhkan waktu yang tidak cepat untuk mengembalikan fungsi-fungsi saraf yang rusak. Jika tumor itu, muncul kembali, solusi medis yang paling tepat adalah dengan operasi pengambilan tumor tersebut. Jika tidak, dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Adapun terapi Afiafit, bisa Anda tambahkan sebagi terpai pelengkap. Bisa diminum 3×3 kapsul. Untuk lebih jelasnya tentang penanganan terkait tindakn bedah, konsultasikan lebih lanjut ke dokter bedah tulang (dr Adika M).

1 Komentar

  1. Almaidany says:

    Dok, saya ingin bertanya, kenapa setelah mengkonsumsi afiafit reguler tensi darah saya malah naik? Apakah akibat detoksifikasi atw ada hal lain ya?

Silakan Berkomentar