Konsultasi Sehat

Konsultasi Sehat

dr. Adika Minaoki
0857 4783 7290
Andi Suhendi, S.Farm., Apt.
0852 2649 4607

Konsultasi

Herbal untuk Penyakit Eksim

Penyakit Eksim

Penyakit Eksim

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warohmatullah.

Dua tahun terakhir ini saya terkena penyakit eksim. Sudah bolak balik ke dokter, sembuh sebentar dan kambuh lagi. Dokter bilang katanya ini penyakit warisan. Benarkah seperti itu dan apakah AFIAFIT bisa mengobati penyakit eksim? jazakumullahu khairan.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barokaatuh.
Eksim atau dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mengalami radang dan iritasi. Eksim bisa terjadi di bagian tubuh manapun, namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak-anak terutama saat mereka berumur diatas 2 tahun. Pada beberapa kasus, eksim akan menghilang dengan bertambahnya usia, namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya.

Penyebab dari eksim sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritasi yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma (karena faktor keturunan).

Setiap penderita mempunyai pencetus eksim yang berbeda beda. Ada orang yang setelah memegang sabun atau deterjen akan merasakan gatal yang luar biasa, ada pula yang disebabkan oleh bahan atau alat rumah tangga yang lain. Dapat juga timbul karena kulit tidak tahan terhadap zat-zat tertentu seperti kosmetik yang tidak cocok terhadap kulit ataupun bahan-bahan kimia lainnya, makan-makanan seperti coklat, susu, dan makanan laut seperti udang, kepeting, cumi-cumi dan lain-lain. Pakaian yang tidak menyerap keringat, deterjen, perhiasan imitasi juga dapat menimbulkan eksim Infeksi saluran nafas bagian atas atau flu juga bisa menjadi pencetus timbulnya eksim. Stress yang dialami penderita akan membuat gejala menjadi lebih buruk. Yang perlu diingat, penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

Meski penyebabnya genetik (keturunan), sepanjang tidak ada faktor pencetusnya, eksim ini tidak akan timbul. Jadi, kalau gejalanya masih sedikit gatal atau merah, lebih baik langsung diingat-ingat apa yang sudah dimakan dan dikenakan, lalu cepat hindari agar tidak berkepanjangan. Kenalilah faktor pencetus yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit eksim anda dan usahakanlah untuk menghindarinya.

Usahakan jangan menggaruk kulit yang gatal. Menggaruk eksim hanya akan memperburuk keadaan, karena kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku, dan bila lukanya sudah mengering maka warna kulit akan tampak berbeda. Sebaiknya guntinglah kuku anda agar luka tidak terinfeksi oleh kuman.

Salah satu manfaat AFIAFIT adalah mengatasi penyakit alergi, dan eksim merupakan salah satu bentuk reaksi alergi. Anda bisa mencoba pengobatan dengan AFIAFIT diminum 3 x 2 kapsul di saat muncul keluhan eksim. Jika keluhannya parah, mungkin diperlukan salep kulit yang biasa anda gunakan untuk dioleskan ke bagian kulit yang mengalami eksim. Jika keluhan sudah membaik, tetap teruskan minum AFIAFIT dengan dosis 2 – 3 x sehari untuk pencegahan.

Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit eksim:

  1. Jaga kelembaban kulit (bisa dengan menggunakan lotion atau sejenisnya).
  2. Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak.
  3. Hindari berkeringat terlalu banyak atau kepanasan.
  4. Kurangi Stress.
  5. Hindari pakaian yang menggunakan bahan yang menggaruk seperti wool dan lain lain.
  6. Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras, deterjen dan larutan lainnya.
  7. Hindari faktor lingkungan lain yang dapat mencetuskan alergi seperti serbuk bunga, debu, bulu binatang dan lain lain.
  8. Hati hati dalam memilih makanan yang bisa menyebabkan alergi.

Semoga bermanfaat. (dijawab oleh dr. Adika Mianoki)

79 Komentar

  1. siti fatimah says:

    saya memiliki penyakit alergi debu dan cuaca ,apabila cuaca mau hujan pasti bersin tak putus2,sampai2sakit rasanya dada ini,GIMANA N

  2. daniel bandung says:

    saya cuman berbagi pengalaman aj nih,,,,
    sy juga dl mengalami eksim selama 5 thn,,,tp cmn di bagian rambut dan badan..sudah ke dokter beberapa x…hasilnya 0,,
    akhirnya saya dikasih tahu oleh paman saya beli salep yang namanyah
    ” pi kang shuang “,,,,harganya cuman 5 ribu…alhamdulilah secara rutin di olehkan ke bdn eksim saya hilang,,,
    and buat para penderita eksim,,,cobain pake obat “pi kang suang”.. beli di apotek juga ada ko…klu g ada,,beli di apotek orang cina,,pasti ada…

    ayo temennn cobainn

  3. mizka says:

    iya tuh bener pake pi kang shuang . tp kalo saya pake yg hijau . bagus lho ! saya menderita eksim sejak 3 tahun lalu . dan itu sangat merusak penapilan . ke dokter cuma buang duit. alhamdulillah dalam 2 mingguan eksim saya hilang . 3 bulan yg lalu saya liburan ke china . obat ini rekomendasi org beijing .

  4. lilik says:

    suami saya mengalami bercak2 putih kecil2 di bagian pipi kanan n kirinya..udah bolak balik ke Dr. dikasi obat hasilnya nihil..kt dr.panu tp gak gatal ( kl panu gatal kan??) mohon sarannnya..karena gak enak jg nih..merusak penampilan..heheh tQ

  5. angga says:

    Kelainan bercak –bercak putih banyak penyebabnya. Bisa jadi panu atau yang lainnya. Untuk memastikannaya harus dilakukan pemeriksaan khusus. Memamng ada tipe kelaianan kulit yang kumat-kumatan. Untuk pengobatanannya, selain dibantu dengan minum Afiafit, sebaiknya juga diberi obat oles. Anda bisa memberi obat panu yang diresepkan dokter. Sebagai alternatif lain, bisa juga diolesi dengan minyak zaitun. Oleskan tipis-tipis pada bagian bercak-bercak, bisa dilakukan 3x sehari. Untuk afiafit bisa diminum dengan dosis 3×1 kapsul. Semoga bermanfaat.

  6. Andri says:

    Beneran tuh pi kang shuang mujarab??
    kebeneran saya udah takluk ma penyakit ini, udah ke dokter ahli kulit berapa kali hampir mengeluarkan dana 2jt lebih, tp hasilnya nihil. bukannya tdk percaya dokter tersebut, emang kadang ga konsisten juga tu dokter, kadang bilang penyakit saya ini alergi dari makanan, tp kadang bilang jamur. Jadi bingung kan.

    ok deh diatas cuma sekedar cerita keluhan saya selama 3bulan ini. Klo emang ini Pi Kang Shuang mujarab bakal saya coba dech.

    tp perlu obat yg diminum ga nih??
    trus apa aja yg mesti saya hindari?
    emang beneran makanan sudah saya hindari, trus kadang klo saya udah mandi terasa gatal.
    apa lagi tiap malam susah bgt tidur, makanya jadi stres juga.

    trims..

  7. Dhyani lukman says:

    Ass wr wb,saya belum bisa kasih komentar,karena saya blm coba obatnya.bgm klo saya coba dulu ya…?saya sudah lama sekali menderita eksim atw lainnya memang kulit terasa gatal dan kemerahan,kadang agak bersisik,klo digaruk terasa panas.apa cocok obat tsb?dimana bisa saya beli dan berapa harganya? saya tinggal di USA.klo dapat dikirim saja kesini.alamat saya:2o8 Hughes st.Berwick.PA.18630

  8. titin says:

    dimana bisa didapat AFIAFIT dan berapa harganya? saya ingin sekali mendapatkannya tolong berikan informasinya secepatnya ya?

  9. angga says:

    afiafit bisa didapatkan di apotek wil yogyakarta, klaten, semarang, sukoharjo, atau distributor dan agen yang ada, bisa cek di sini http://indoroyal.com/category/distributor-agen

  10. titin says:

    saya berada jember kira kira apotik/agen mana yang bisa saya cari?kata dokter saya terkena eksim sudah berkali kali kali ke dokter tapi g ada hasilnya?apa benar afiafit bisa menyembuhkannya?

  11. angga says:

    distributor jambi:
    Ibu Ema Vista
    Jl Sumatra No E 35, RT 12 (samping Warnet Dafa 2)
    HP: 8969 087 3499 9
    HP: 081 539 8119 79
    Tlp: 0741-422 99

  12. angga says:

    Jika memang benar eksim, biasanya karena alergi. Yang paling penting adalah menghindari faktor pencetusnya. Anda bisa menambahkan terapi Afiafit. Diminum 2×2 kapsul. Jika keluhan di kulit cukup parah, sebaiknya diberi salep kulit untuk eksim. Untuk informasi mengenai cara mendapatkan Afiafit, silakan hubungi Agen Afiafit di kota Anda (dr Adika M).

  13. gusti says:

    kalau di surabaya alamat apotek yang bisa didapat dmana y??
    Thanks..

  14. angga says:

    Surabaya

    Iwan Minanda
    Jl. Gadukan Timur 92 Surabaya Jawa Timur
    Tlp: 031-7102 7896
    HP: 0818 0318 7367

    Etalase Muslim
    Wisma Indah Blok K 7, No 23, Gununganyar, Tambak, Surabaya
    HP: 0857 3073 4437

  15. nia says:

    saya mempunyai anak usianya sekitar 3tnn saya bawa kedokter spesialis kulit diaknosa pertama penyakit eksim seminggu kemudian cek dokter dibilang alergi debu.trus yag saya tanyakan obat afiafit apa bisa untuk anak seusia anak saya.terimah kasih

  16. angga says:

    Afiafit tidak dianjurkan untuk anak kurang dari 5 tahun (dr Adika M).

  17. nungky says:

    ass,sy da hampir 10th menderita eksim,kira2 sjk sy brumur diatas 20th,pdhl dr kecil sp sy lu2s kuliah blm prnh mnderita eksim.stlh bkrja di industri farmasi sy br mnderita eksim,da brthn2 ke dkter blm sembuh2 jg sp skrg.sy bru tau ad afiafit sy mo coba.uk di jkt/depok sy bs beli obat trsbt dmna y?

  18. denty says:

    saya jg sudah betahun2 menderita eksim.,dr smp kayakna sampai sekarang ini blum sembuh2..:(
    udah bertaun pula berobat k dokter tetep aj masih sering kambuh.,eksim ini bs sembuh gak y??
    kt dokter saya klo pengen sembuh harus banyak makan sayur dan olahraga supaya berkeringat dan jgn kelamaan kena air??bagi saya itu cukup sulit d lakukan..:p
    hehe
    saya mw coba pi kang suang.,smogasaja manjur amin..
    n bekas luka eksim bs hilang gak y??
    tolong comentnya..makasi..:)

  19. angga says:

    Eksim adalah peradangan pada kulit karena pengaruh alergi. Harus diketahui faktor pencetusnya agar eksim tidak kambuh lagi.

  20. tomo says:

    aslam

    saya mw nanya sama yg pernah kena eksim,
    apa stelah pake obatpi kang suang,
    eksim nya kmbuh lagi gak?

    trus obat itu ada nya d mana?

  21. jane says:

    Saya udah 4 tahun kena eksim. pertamanya berupa jendolan kecil tapi lama-kelamaan menjadi membesar. Saya ud bolak” dktr tp kambuh lg. lalu saya coba pke salep, tp lumayan di kaki sudah sembuh tapi mengapa eksim itu timbul lg di atas lutut saya hingga ke atas. jujur saya kuatir. bagaimana cara mengobatinya??

  22. Arfani says:

    Saya juga penderita eksim, sudah berkali-kali bolak-balik ke dokter tp ga da hasil yg memuaskan. yang saya tahu klo eksim kambuh jangan stress, krn bila stress malah bikin eksimnya tambah parah dan menyebar kemana-mana. pake salep phi kang suang emang manjur, tapi tetep jangan disertai stress.

  23. Edy Susanto says:

    ASKUM…
    Saya mempunyai kponakan yg kira2 beumur 2thn, semenjak 1xbln sampai skrg penyakit nya blm sembuh. Di sekujur tubuh nya hampir 40% terasa gatal2 dan sdh ke dokter srh pakai saleb dan dpt resep obat jg sih, terima ksh solusi dan alternatif kesembuhan ponakan sy berharap skali lg trim’s…

  24. Edy Susanto says:

    sy jg ada foto nya …..

  25. angga says:

    Untuk anak kurang dari 5 tahun , kami tidak sarankan terapi herbal. Sebaiknya dikonsultasikan langsung ke dokter spesialis kulit (dr Adika M).

  26. Sin says:

    obat gatel/ exim ‘pi kang Shuang’ aman nggak ya buat balita? Tolong penjelasannya! makasih!

  27. angga says:

    mohon maaf kami tidak mengetahui produk tersebut, untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan dilayanan konsumen produk tersebut.

  28. yoyok says:

    Assalamualaaikuum. wr.wb
    Disini saya juga ikut berbagi. Saya juga mengalami dermatitis atau eksim. Sdh ke dokter, dan sembuh tapi kambuh lagi. Saat ini saya coba salep pi kang shuang. Moga2 cepet sembuh dan ga kambuh lagi. Sekalian juga saya coba afiafit. Keduanya paling mudah di beli di jaringan apotek K-24. Terima kasih

  29. dawami says:

    Alhamdulillah, keluhan gatal-gatal sejak tahun 1997 yang udah merambah sampe ke paha seketika hilang baru lima hari menggunakan ‘Pi Kang Shuang’…

  30. muhammad muhajir suryadi says:

    saya penderita dermatitis, saya sudah sering bolak-balik kedokter, dokter pun menyarankan saya untuk memakai obat pikangswang yg warna hijau, setelah seminggu saya gunakan sembuh. tapi setelah tidak menggunakannya lg, gatal-gatal saya kambuh lg. obat apa yg paling manjur saya gunakan? tolong kirimin nama obatnya yang manjur?

  31. angga says:

    Sebenarnya obat yang sudah Anda minum sudah cukup bagus. Untuk tambahan terapi herbal, minum Afiafit 3×2 kapsul ketika muncul gatal, untuk pencegahan bisa minum 2×1 kapsul. Dermatitis paling sering diebabkan karena alergi. Yang paling penting bagi Anda adalah menghindari faktor pencetus alergi tersebut (dr Adika M).

  32. cuncun says:

    iya pake pi kang shuang aja, aku juga pake alhamdulillah berkurang

  33. ugie says:

    askum,
    anak saya 2 th, kata dokter juga terkena eksim basah terasa gatal di seluruh tubuh, tetapi yang paling parah adalah di bagian kaki. apa bisa sembuh dengan pi kang shuang? aman ga buat balita?
    thanks

  34. sefty says:

    2hr yg lalu sy terkena herpes didahi ckp lebar,kr2 salep pi kang shuang bs menyembuhkn tdk y,mengingat sy prnh pake yg wrn biru u/biang keringat lngsng smbh..lbh mujarab mana dg salep Acyclovir?mhn saranny segera.thx

  35. nama saya thyara says:

    saya sdh lama mengalami gatal2 yg berupa cincin dan saya slalu memberikan obat pi kang shuang tp g sembuh2…saya brharap bsa di beritahu obat yg ampuh bsa sembuhkan gatal saya.trimahkasih

  36. yuyun says:

    makasi infonya buat semuanyaa :)

    saya jga kyy pny pnykit eksim.

    alhamdulillah ada info ini. semoga eksimku cpet sembiuh total.
    amiinn

    makasi lagi :)

  37. sera says:

    aku kena eksim juga… karna stress menjelang ujian skol kmaren.. menderita banget dn masih kambuh smpai sekarang…
    sekarang makin parah dan gatalx luar biasa..

    tiap bulan pasti kmbuh, aplgi mnjelang dtang blan…

    ad saran k??

  38. Yuni says:

    Teman2 .. Bener nech.. Pi kang shuang, bisa nyembuhin exim. Soalnya gw dah bolak2 ke dokter blm sembuh jg. Trus ada gak refrensi dok y bs hilangin bekas kuka di kaki. Soalnya gw mau nikah neh.. Please ya .. Ksh tau ya

  39. angga says:

    To Sera,
    Munculnya eksim bisa dipengaruhi bebrapa hal. Bisa karena faktor alergi terhadap makanan/zat tertentu, stress, perubahan hormone saat haid, dll. Tampaknya stess menjadi pemicu eksim yang Anda alami. Jika muncul keluhan eksim yang disertai perubahan kulit serta gatal, sebaiknya diberi salep kulit untuk eksim. Yang paling penting, usahakan hindari stress (dr Adika M).

  40. desy says:

    sy menderita penyakit exim uda lama, kadang sembu kadng kambu, sy uda capek bolk balik k dr ga ada hasilx semua salep uda aq pakai, trmsuk salep pikasuang dn obat herbalt tpi semua tdk ada hasilx,,tolng dong klu ada obat yg lain info aq ya?

  41. angga says:

    To Desy,
    Penyakit eksim bisanya dipicu karena reaksi alergi. Pencegahan terpenting adalah menghindari faktor pencetus agar tidak kambuh lagi. Jika eksim sering muncul, sebaiknya Anda melakukan tes alergi untuk mengetahui faktor alergen yang menyebabkan munculnya eksim. Jika faktor alergen sudah diketahui, hindari agar tidak kambuh lagi (dr Adika M).

  42. fatma says:

    apa afiafit sama dengan habatusauda? soalnya dr dulu sy rutin minum afiafit tapi kadang kalau tdk ktmu produknya sy ganti dgn habatusauda.. sy kna eksim sdh berbulan2 krn alergi daging2an.. apa bisa sembuh dgn habatusauda atau hnya afiafit?

  43. angga says:

    To Fatma,
    Afiafit merupakan gabungan dari habatussauda, sambiloto, pegagan, lingzhi, temu mangga, temu putih, madu, zaitun.
    Memang ramuan afiafit lebih lengkap sehingga efeknya akan lebih baik (Andi Suhendi, Apt.).

  44. sri says:

    sy menderita gatal2 di kulit kepala hingga leher sejak be2rapa bln yg lalu.sy sdh coba ke dr tp stlh obtnya hbs,gatalx brtmbh parah.prtanyaan sy,apa sy bs menggunakan afiafit untuk penyembuhannya.mohon bantuannya.trims…

  45. danang says:

    Sembuh tidak harus mahal, dengan Pi Kang Shuang (warna hijau)yang seharga kurang dari Rp.5.000,- keluarga kami bebas dari penyakit bisul, gigitan serangga, kadas / panu dan yang sungguh menakjubkan bekas luka / sakit tidak menimbulkan bekas sama sekali (mulus kembali)..memang butuh kesabaran dan ketekunan untuk mengoleskan di tempat yang sakit..thanks Pi Kang Shuang.

  46. angga says:

    To Danang,
    kok malah promosi produk sampeyan di web saya toh??

  47. angga says:

    To Sri,
    Yang terbaik adalah kita lakukan pengecekan terlebih dahulu apa jenis penyakit yang diderita. Setelah itu baru kita cari solusinya. Tapi mungkin saya menduga apa yang diderita adalah alergi (walaupun harus dicari sebab-sebabnya). Alergi bisa dibantu dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas. Untuk membantu tingkat imuitas dapat dibantu dengan afiafit 2 x sehari 1 kapsul (Andi Suhendi, Apt.).

  48. syifa says:

    sy juga penderita exim hanya dibagian telapak tangan dan kaki sjk usia 3th,tapi msh bisa sembuh tanpa di obati,tetapi aneh makin dewasa umur 20th semakin parah dan basah tidak bisa putus dari obat,cukup menderita saya jadi berfikir panjang tuk menikah,i.nfo saja saya pernah sembuh minum suplement zinc har 150rbn pi kang suang jg sudh coba,kira2 afiafit tersedia tidak y….di daerah tangerang,trims

  49. angga says:

    To Syifa,
    Ya. Anda bisa menambahakan terapi Afiafit diamping obat-obat yang sudah biasa Anda minum. Afiafit bisa diminum 3×2 kapsul (dr Adika M).
    Untuk di daerah Tangerang bisa klik dimari.

  50. Jewel says:

    hanya ingin berbagi cerita
    Saia juga penderita eksim..mulai dari bulan juli..ampe sekarang…

    dulu ad sembuh berkat obat” dokter..tapi akhirnya kambuh lagi ampe sekarang…
    ni ja masih perobatan…dah 3 dokter saia temui…dan yang terakhir ini udah lumayan berkurang..

    Kata dokter kalau ng berkurang saia diharuskan di infus…apakah itu diharuskan seperti itu atau gimana?? saia sampai disuruh cek darah, imun dll

    Tolong dijawab..makasih

  51. qijil says:

    tolong kalau ada pi kang shuang yang kuning , di kampung ane sudah gak jual yang kuning padahal yang kuning sangat mujarab, yang hijau malah jadi banyak saat saya pakek

  52. angga says:

    To Jewel,
    Memang idealnya Anda perlu melakukan pemeriksaan tes slergi untuk mengetahui penyebab mmunculnya eksim, sehingga Anda dapat menghindari faktor pencetus tersebut (dr Adika M).

  53. Dona says:

    Saya jg sdah hampir 5 thn kna gatal2 di kaki, ke dokter kulit tp tdk smbuh2.

    Kl d Palembang, di mana saya bisa mendapatkan Afiafit & Pi Kang Shuang..? Di mohon sekali infonya.

  54. ummu hazm says:

    assalamualaikum,sdh 5 bln saya menderita gatal2 pada kulit terutama didaerah punggung dan paha.sudah 4 kali ke dokter kulit tapi hasilnya gak ada.setelah obat habis gejala gatalnya datang lagi.ciri2nya seperti beruntusan ,merah dan terasa gatal.apa bisa saya minum afiafit.dimana sy hrs mendapatkannya(bekasi).saya pun tlh coba salep pi kang swang tp baru satu salep habis dan belum dicoba lg,skrg menjalar ke jari dan telapak tangan serta kaki pun ikut gatal.mohon solusinya.

  55. ummu hazm says:

    ada 2 jenis model salep pikwang swang yg saya lihat diapotik kemarin,yg mana yg bagus dan sering dipakai (hijau dan putih)?berapa harga afiafitnya,apa ada di semua toko herbal?trimakasih

  56. angga says:

    To Ummu Hazm,
    Anda bisa minum Afiafit 3×1 kapsul. Silakan hubungi agen kami di Bekasi (dr. Adika M).

  57. yanti says:

    slmat siang,,
    begini saya mengalami alergi kosmetik nih,pdhal baru 1x pmakaian aja,,kulit muka saya mnjadi merah dan bintik2 b;nanah sprti jerawat dan sprti biang keringat,,kira2 obat pi kang shuang bs tdk ???tks yah,,,,

  58. hanah says:

    Please…. Help me… Q kna exim sjak th 2006 pe skrng lum sembuh,, dh coba brbgai salep k dokter gg da hasil’y daro mikonazole pe pi kang suang,,, pi ttp ja gak sa smbh,,, tolong dong kasih solusi,, klo lg gateeel ampuuuuuuuuuun dweh,,, tolong yah sob”’ bantu info’y

  59. aku punya penyakit yang bener” bikin aku jengkel,kesel, dan menyebalkan :( . rasa gatel dan kulit memerah bikin aku mauu nangis . ga kuat kadang , pernah 1x ke dokter dan katanya aku terkena penyakit eksim yang kata nya di akibatkan dari keringat yang terlalu banyak :( . gimana yaa caranya supaya sembuh dari penyakit menyebalkan ini dan mengurangi keringat yang berlebihan ??
    makasih

  60. andi says:

    aq dah 5 bln kena ini penyakit,,kt dokter sih ini eksim basah,,dah baxk obat aq minum,smpe2 salep jg dah brmacam2 qpakai…ko g sembuh2 yah,,,??? pliss tolong aq obat apa..?? klo di makassar di apotek apa..??

  61. Novi says:

    Assalamu’alaikum
    saya menderita eksim basah hampir 1 tahun.
    Sudah mengkonsumsi antibiotik.
    Awal nya sembuh tetapi saat obat nya habis kumat lagi.
    Apa yg harus saya lakukan?

  62. angga says:

    To: Novi,
    Jika eksim kambuh-kambuhan yang terus berulang, perlu penanganan khusus dan pelacakan faktor penyebab eksim tersebut agar tidak sering kambuh. Saran kami, sebaiknya Anda periksa ke dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan lebih lanjut (dr. Adika M).

  63. dandan says:

    minum dextim plus buat ngilangin gatal tapi nantinya anda jadi doyan makan
    dan akhirnya badan tambah berat alias gemuk
    tapi ini obat bener2 ampuh cuman Rp.3000/stripp
    dan ada di apotik2 ..
    saya ikut saran kakek saya yang sudah sembuh total tapi lama eehehe..
    kalau abis mandi eksimnya di oleskan lotion .. itu harus kalo gak percaya coba ..

  64. Tia says:

    Selamat Malam….
    Saya ingin menanyakan apakah ini ciri2 Penyakit Eksim Kering???
    Jd di sekitar Pinggul,kedua lipatan paha, paha, bokong itu warna kulitnya mengghitam kering agak tebal akibat seperti luka garukan itu. Intensitas menggaruk itu cukup sering, apalagi saat berkeringat akan lebih sering lg menggaruknya.
    Yang ingin saya tanyakan
    1. Apakah dr ciri2 yg saya sebutkan td itu merupakan Eksim kering atau apa ?
    2. Apakah itu dpt menular saat bersentuhan dg kulit yg sehat?

    Terimakasih

  65. angga says:

    To: Tia,
    Kemungkinan yang Anda derita adalah demaritis, yakni reaks peradangan pada kulit yang biasanya disebabkan alergi, dalam bahasa awam disebut eksim Dalam kedokteran, kita tidak mengenal istilah eksim kering ataupun eksim basah.Jika memang benar eksim, tidak menular, tapi bisa saja kambuh (dr. Adika M).

  66. niSa says:

    Assalamu’alaikum,
    saya sudah menderita eksim sejak kecil, namun sudah lama tidak muncul. dan beberapa bulan yang lalu muncul kembali. saking gatalnya saya garuk, dan akhirnya meninggalkan bekas di kulit yang berwarna coklat yang sangat jelas terlihat. kira2 apa ya obat atau salep untuk menhilangkan bekas eksim tersebut?
    terimakasih..

  67. angga says:

    To Nisa:
    bekas eksim mungkin bisa pakai dermatix yang dijual di apotek (Andi Suhendi, Apt).
    Bekas garukan, jika tidak terlalu parah ada kemungkinan bisa hilang sendiri. Cepat lambatnya proses tergantung jenis kulit dan keparahan kelianannya. Untuk selanjutnya, sebaiknya Anda periksakan ke dokter spesialis kulit (dr. Adika M).

  68. andari says:

    aq ini kena apa ya?awalnya dikaki kluar bintik2 kecil berisi air dan gatel bgt,aq pencet kluar air tp akhirnya malah jd borok,dan skg jd item dan kaya kaku gitu kulitnya,trus itu blm sembuh skg betis dan pergelangan tanganq mulai gatal2bgt,kluar bercak2 merah,pleas tolong dunk saya geli sm penyakit ini,apa ini namanya eksim?utk gatel aq minum insidal trus lukanya aq kasi salep namanya chloramfecot,blm sembuh juga,ada yg bs kasi saran g dikasi obat apa ya?? makasi sbelumnya…

  69. angga says:

    To: Andari,
    Gatal pada kulit bisa disebabkan karena reaksi alergi atau infeksi bakteri. Untuk memastikannya perlu data lebih banyak tentang riwayat penyakit dan pemeriksaan langsung pada kulit pasien.Akan lebih baik jika Anda periksa ke dokter, lebih tepatnya dokter spesialais kulit. Jika sudah diketahui penyebabnya, akan lebih mudah menanganinya (dr. Adika M).

  70. dewi says:

    saya punya penyakit kulit,sebelumnya sy tdk pernah menferita,gara saya terkena infeksi dan d beri antibiotik,kemudian penyakit kulit trsebuiut muncul,kata Dr.memang itu efek samping antibiotik yg d berikan membuat jamur jd subur.yg ingin saya atnyakan apakh benar ada efek samping antibiotik yg mmbuat jamur subur?ciri2 penyakit kulit saya adalah:d lipatan kaki (a/kaki dg telapak)bag. atas, kulit menebal,agak kehitaman,gatal,dan jika lecet belas lecet tersebut megeluarkan air/basah.kalo boleh tau,penyakit kulit jenis apa?mohon skalian d share obat secara herbal,soalnya saya trauma dg antibiotik.teriam kasih atas jawabannya.

  71. leli says:

    saat ini mukaku merah, meradang,seperti iritasidan gatal krn tdk cocok sabun mukayg aku pake.apa ini jg dermatitis sebab 4 th lalu pernah seperti ini kulitku selama 7 thn.lalu sembuh sendiri selama 4 thn nah sekarg kambuh lagi.tolong ada yg tau obat/salep yg bagus utk wjhku yg gatal dn merah ini please….

  72. angga says:

    To: Dewi,
    penggunaan antibiotik akan menyebabkan baktei mati, termasuk juga bakteri normal sehingga bisa mempermudah tumbuhnya jamur. Perlu pemeriksaan secara langsung untuk menentukan kelainan kulti yang Anda alami. Saran kami diperiksakan saja ke dokter kulit. Penggunaan herbal yang tidak tepat justru bisa memperaparah kelainan kulti yang Anda alami (dr. Adika M),

  73. adrianti says:

    Apakah salep pi kang shuang & afiafit boleh dipakai terus menerus? Apa beda salep yg kemasan hijau n putih biru? Apa obat afiafit ada jenisnya, kl buat eksim yg apa? Trims infonya

  74. angga says:

    To: Leli,
    Kemungkinan memang bisa disebabkan karena dermatitis yang disebbakan karena sabun. Langkah pertama adalah menghentikan penggunaan sabun yang menyebabkab rekasi munculnya dermatitis. Jika masih belum hilang, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Jika memang benar dermatitis biasanya akan diberikan salep kortikosteroid (dr. Adika M).

  75. siva says:

    saya mengalami eksim di kaki saya, yg saya rasakan gatal, panas dan merah. Setelah itu saya menggunakan salep, namun kulit menjadi putih sekali dengan ada bintik-bintik sehingga kulit kaki saya tak sama warnanya. Bagaimana cara pengobatan alami yang mudah didapat untuk kulit kaki saya ?

  76. Angel Marni says:

    saya pernah mendrita penyakit gtl2, kt tmn sya tu pnykit kurap, stlh saya pakai phi kang suang, gtl na hlg, tpi msh da bekas na, kyak mn tuh cra ngilangin na?

  77. Aby Husen says:

    aq tertarik pengen jualan salep Phi Kang suang …karena aq dh merasakan dn membuktikan khasiatnya …bagaimana caranya dn harus belanja kemana …bisa ngga diberi harga yg sepecial/murah supaya aq bisa dapet untung…sekalian mohon informasi utk phi kang shuang buat jerawat …terima kasih …! no hp aq 082120765454 …087826065454…terima kasih ditunggu beritanya .

  78. Andrew says:

    Dulu thn 2010 saya pake salep ketokonazol (ada di apotik) dan alhamdulillah sembuh dalam 2-3 minggu.(info detail bisa cek di google)
    Skr 2012 mw coba salep pi kang shuang atas referensi nyokap,katanya sih manjur soalnya sekeluarga pake itu.
    Yang penting kita sebisa mungkin menahan gatal dan jangan digaruk,krn klo digaruk makin memperparah keadaan.. :)
    oh iya,jagalah selalu kebersihan pakaian dan tempat tidur anda..

  79. rita says:

    saya punya eksim di kedua telapak tangan.. pernah ke dokter kulit katanya alergi sabun dan air.. sbg ibu rumah tangga ga mungkin kalau meninggalkan rutinitas seperti cuci piring/ baju.. obat dari dokter pun tidak bisa sembuh 100%.. kira kira pakai apa ya? kebetulan saya juga baru hamil 8mgg..obat dan salep yang aman apa ya. trimakasih

Silakan Berkomentar