Konsultasi Sehat

Konsultasi Sehat

dr. Adika Minaoki
0857 4783 7290
Andi Suhendi, S.Farm., Apt.
0852 2649 4607

Artikel Sehat

Sembuhkan Gastritis [Tanpa] Dengan Obat Medis

Artikel ini disampaikan pada pertemuan Klub Sehat Afiafit ke 2

gastritis

image from: penyakit-info.blogspot.com

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan pasien. Dalam istilah medis, penyakit ini disebut gastritis. Gastritis berasal dari bahasa Yunani yaitu gastro, yang berarti perut/lambung dan itis yang berarti inflamasi/peradangan. Gastritis bukan merupakan penyakit tunggal, tetapi terbentuk dari beberapa kondisi yang kesemuanya itu mengakibatkan peradangan pada lambung. Pada beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan terjadinya borok (ulkus) dan dapat meningkatkan risiko dari kanker lambung. Akan tetapi bagi banyak orang, gastritis bukanlah penyakit yang serius dan dapat segera membaik dengan pengobatan.

Gejala

Walaupun banyak kondisi yang dapat menyebabkan gastritis, gejala dan tanda – tanda penyakit ini sama antara satu dengan yang lainnya. Gejala-gejala tersebut antara lain :

Perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas

Mual

Muntah

Kehilangan selera

Kembung

Terasa penuh pada perut bagian atas setelah makan

Kehilangan berat badan

Gastritis yang terjadi tiba – tiba (akut) biasanya mempunyai gejala mual dan sakit pada perut bagian atas, sedangkan gastritis kronis yang berkembang secara bertahap biasanya mempunyai gejala seperti sakit yang ringan pada perut bagian atas dan terasa penuh atau kehilangan selera. Bagi sebagian orang, gastritis kronis tidak menyebabkan apapun.

Penyebab

Lambung memproses dan menyimpan makanan dan secara bertahap melepaskannya ke dalam usus kecil. Ketika makanan berada di lambung, dinding lambung akan mulai menghancurkan makanan tersebut. Pada saat yang sama, kelenjar – kelenjar yang berada di mukosa pada dinding lambung mulai mengeluarkan cairan lambung (termasuk enzim – enzim dan asam lambung) untuk lebih menghancurkan makanan tersebut.

Salah satu komponen cairan lambung adalah asam hidroklorida. Asam ini sangat korosif sehingga paku besi pun dapat larut dalam cairan ini. Dinding lambung dilindungi oleh mukosa – mukosa bicarbonate (suatu lapisan penyangga yang mengeluarkan ion bicarbonate secara reguler sehingga menyeimbangkan keasaman dalam lambung) sehingga terhindar dari sifat korosif asam hidroklorida.

Gastritis biasanya terjadi ketika mekanisme pelindung ini kewalahan dan mengakibatkan rusak dan meradangnya dinding lambung. Beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan terjadinya gastritis antara lain :

Infeksi bakteri. Sebagian besar populasi di dunia terinfeksi oleh bakteri H. Pylori yang hidup di bagian dalam lapisan mukosa yang melapisi dinding lambung. Tapi sebagian besar orang yang terkena infeksi H. pylori kronis tidak mempunyai gejala gastritis, hal ini mengindikasikan bahwa ada penyebab lain yang membuat sebagian orang rentan terhadap bakteri ini sedangkan yang lain tidak.

Pemakaian obat penghilang nyeri secara terus menerus. Beberapa obat anti nyeri dapat menyebabkan peradangan pada lambung dengan cara mengurangi prostaglandin yang bertugas melindungi dinding lambung. Jika pemakaian obat – obat tersebut dilakukan secara terus menerus atau pemakaian yang berlebihan dapat mengakibatkan gastritis.

Penggunaan alkohol secara berlebihan. Alkohol dapat mengiritasi dan mengikis mukosa pada dinding lambung dan membuat dinding lambung lebih rentan terhadap asam lambung walaupun pada kondisi normal.

Penggunaan kokain. Kokain dapat merusak lambung dan menyebabkan pendarahan dan gastritis.

Stress fisik. Stress fisik akibat pembedahan, luka trauma, luka bakar atau infeksi berat dapat menyebabkan gastritis dan juga ulkus serta pendarahan pada lambung.

Kelainan autoimmune. Autoimmune atrophic gastritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat yang berada dalam dinding lambung.

Radiasi and kemoterapi. Perawatan terhadap kanker seperti kemoterapi dan radiasi dapat mengakibatkan peradangan pada dinding lambung yang selanjutnya dapat berkembang menjadi gastritis dan peptic ulcer.

Beberapa Penyakit . beberapa penyakit dapat menyebabkan timbulnya gastritis seperti misalanya Chron’s Disease dan penyakit Bile Reflux.

Faktor-faktor lain. Gastritis sering juga dikaitkan dengan konsisi kesehatan lainnya seperti HIV/AIDS, infeksi oleh parasit, dan gagal hati atau ginjal. Selain itu, gastritis juga dipengaruhi oelh faktor stress emosional.

Komplikasi

Jika dibiarkan tidak ditangani, gastritis akan dapat menyebabkan ulkus dan pendarahan pada lambung. Beberapa bentuk gastritis kronis dapat meningkatkan risiko kanker lambung, terutama jika terjadi penipisan secara terus menerus pada dinding lambung dan perubahan pada sel-sel di dinding lambung.

Terapi

Terapi gastritis sangat bergantung pada penyebab spesifiknya dan mungkin memerlukan perubahan dalam gaya hidup, pengobatan atau, dalam kasus yang jarang, pembedahan untuk mengobatinya. Asam lambung mengiritasi jaringan yang meradang dalam lambung dan menyebabkan sakit dan peradangan yang lebih parah. Itulah sebabnya, bagi sebagian besar tipe gastritis, terapinya melibatkan obat-obat yang mengurangi atau menetralkan asam lambung seperti antasida, penghambat asam, penghambat pompa proton, dan cytoprotective agents (melindungi jaringan yang melapisis lambung).

Peran Habbatus saudaa’ dalam Penyembuhan Gastritis

Salah satu efek terapi habbatus saudaa’ (Nigella sativa) adalah sebagai anti ulkus lambung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rajjkaapoor,dkk pada tahun 2002 disebutkan bahwa habbatus saudaa’ mempunyai efek anti ulkus lambung. Penelitian ini menggunakan tikus, membandingkan efek Nigella sativa dengan obat konvensional unutuk ulkus lambung yaitu ranitidine. Kesimpulan dari penelitian tersebut bahwa habbatus saudaa’ secara bernakna dapat menurunkan volume sekresi asam lambung, free and total acidity, serta memiliki aktivitas melawan pembentukan ulkus di lambung tikus. Diduga efek ini timbul karena kandungan flavonoid di dalam Nigella sativa.

Manfaat Madu dalam Terapi Gastritis

Madu ternyata juga bermanfaat dalam penyembuhan gastritis. Penelitian Ali,dkk pada tahun 1995 memperkuat hal tersebut. Pemberian madu secara oral dapat mempercepat penyembuhan ulkus lambung tikus yang diinduksi oleh obat indomethacin. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi efek penyembuhan ulkus yang dimiliki oleh madu. Faktor yang mempengaruhi yaiktu viskositas madu yang memberikan lapisan pelindung bagi daerah lambung yang luka, kemampuan madu untuk menyerap kelebihan cairan, memacu terbentuknya jaringan baru, memiliki aktivitas antibakteri, dan kandungan enzim yang ada dalam madu seperti enzim katalase.

Pencegahan

Pencegahan lebih penting daripada pengobatan. Berikut beberapa saran untuk dapat mengurangi risiko terkena gastritis :

Makan secara benar. Hindari makanan yang dapat mengiritasi terutama makanan yang pedas, asam, gorengan atau berlemak. Yang sama pentingnya dengan pemilihan jenis makanan yang tepat bagi kesehatan adalah bagaimana cara memakannya. Makanlah dengan jumlah yang cukup, pada waktunya dan lakukan dengan santai.

Hindari alkohol. Penggunaan alkohol dapat mengiritasi dan mengikis lapisan mukosa dalam lambung dan dapat mengakibatkan peradangan dan pendarahan.

Jangan merokok. Merokok mengganggu kerja lapisan pelindung lambung, membuat lambung lebih rentan terhadap gastritis. Merokok juga meningkatkan asam lambung, sehingga menunda penyembuhan lambung dan merupakan penyebab utama terjadinya kanker lambung.

Lakukan olah raga secara teratur. Aerobik dapat meningkatkan kecepatan pernapasan dan jantung, juga dapat menstimulasi aktifitas otot usus sehingga membantu mengeluarkan limbah makanan dari usus secara lebih cepat.

Kendalikan stress. Stress dapat meningkatkan produksi asam lambung dan melambatkan kecepatan pencernaan. Karena stress bagi sebagian orang tidak dapat dihindari, maka kuncinya adalah mengendalikannya secara efektif dengan cara diet yang bernutrisi, istirahat yang cukup, olah raga teratur dan relaksasi yang cukup.

Ganti obat penghilang nyeri. Jika dimungkinkan, hindari penggunaan AINS, obat-obat golongan ini akan menyebabkan terjadinya peradangan dan akan membuat peradangan yang sudah ada menjadi lebih parah. Ganti dengan penghilang nyeri yang mengandung acetaminophen.

Ikuti rekomendasi dokter.

Ternyata penanganan gastritis tidak melulu harus dengan obat medis. Dengan pola hidup sehat kita bisa mencegah terjadinya gastritis. Jika sudah terjadi, pilihan beberapa bahan alam ternyata juga dapat mengurangi keluhan gastritis. Semoga bermanfaat.

Disusun oleh : dr. Adika Mianoki

Artikel Herbal Lainnya:

  1. Fakta Thibbun Nabawi Habbatussauda’, Madu, dan Minyak Zaitun
  2. Bila Terjadi Detoksifikasi
  3. Khasiat Habbatussauda’
  4. Bersyukur Ketika Sehat, Bersabar Ketika Sakit

Artikel Info Penyakit Lainnya:

  1. Musim Hujan, Waspadai Demam Berdarah
  2. Asam Urat Bisa Bikin Gawat
  3. Mewaspadai Hipertensi
  4. Serba-Serbi Alergi
  5. Sayangi Jantung Anda
  6. Mengenal Diabetes Mellitus
  7. Waspadai Kanker Payudara Sejak Dini
  8. Mengenal Virus Bell’s Palsy

28 Komentar

  1. novellynda says:

    saya sakit gejala maag sejak umur 10 th , dan saya mengalami gastritis pada umur 18 th !
    saya pgen maag saya sembuh.
    krna tiap hari stlah makan pagi saya slalu mual dan pgen muntah tp tidak bisa muntah ,
    apakah sakit maag mempengaruhi berat badan ? krna sejak sakit maag barat badan saya tidak naik2 !
    apakah maag biza disembuhkan ?
    apakah ada cara tradisional untuk menyembuhkan maag ?

  2. Lora says:

    sejak smp saya sudah mulai ada gejala maag…
    tapi mulai menjadi gastritisnya pada kuliah ini umur 19 ini,,, stiap yg mau dan sudah siap mkan itu mual tapi tidak bsa muntah..
    tersiksa…. saya malu dikira hamil padahal mual akibat maag.
    dan dari dulu gejala sampai sekarang berat bdan saya tidak pernah lebih dr 46…
    selalu dbwh itu sdangkan tinggi saya 163cm
    apalagi sekarang BB saya cuma 42 an.
    apa maag mengganggu naiknya BB ???

  3. angga says:

    Maag tidak mempengaruhi penurunan berat badan secara langsung. Namun jika gejalanya cukup berat sehingga menimbulkan keluhan nual, susah makan, muntah, tentu menyebabkan asupan makanan yang masuk kurang sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

  4. Indah says:

    Saya mulai gastritis kronik sejak 3 thn yg lalu, hmpir tiap hri mual,bhkan stiap mkn pgenya ditumprahin smua biar lega..akhir2 ne smkin prh,,udh srg bolak-balik RS priksa ke dokter intrnis dksh obt medis,,pke obat2an herbal ttp sja ga brkrg..tiap kmat rsya lmes bgt mpe ga bs beraktivitas,yg pling prh efek dri mualy slalu dsertai skit kpala yg hebat bgt..apa gastritis bkin skit kpla???minta sran penyembuhan yg bner2 mnjur dong..mkch

  5. maika reni retnowati says:

    saya mempunyai kakak dia mengeluh sakit di dada, dan dia kadang – kadang muntah darah,,,setelah periksa dianogsa dokter sementara penyakit dia Gastritis Kronis…
    apakah penyakit itu berbahaya dan bisa menular?
    dan jika menular media apa saja penularanya
    terima kasih

  6. angga says:

    Gastritis merupakan penyakit peradangan pada lamubung. Dipengaruhi oleh beberapa hal. Di antaranya bisa disebabkan karena infeksi bakteri. H. Pylory. Bisa ditularkan melalui makanan.Namun, paling sering gastritis disebabkan karena peningkatan asam lambung yang dipengaruhi oleh pola makan. Jika ini penyebabnya, tidak menular (dr Adika M).

  7. yeni says:

    saya baru 8 bulan ini sakit dibagian perut, serasa penuh, juga mual dan saya paksakan mutah. setelah periksa kedokter saya malah dibilang adnexitis..diberi obat kaltopen dan antibiotik… sembuh 2 minggu kambuh lagi..ternyata gastritis… duuhh kalo kambuh rasanya perut gak enka banget…apa gastritis juga menyebabkan saya tidak Mens ya ? karena sudah 1 bulan ini semenjak sakitnya parah saya tidak datang bulan.

  8. abdhi says:

    saya merasakan menderita sangat saat gestritis kambuh, dimulai dari kepala yg serasa berputar-putar kemudian muntah yang terasa sangat masam yang akhirnya terasa kesemutan dikedua kaki kemudian tangan dan akhirnya tidak sadarkan diri. Pernah juga disertai demam tinggi dan meriang dimalam hari. Saat ini berat badan saya sangat susah untuk bertambah walaupun jadwal makan di tambah dari biasanya. mohon share ke email saya jika ada solusi terbaik untuk saya. sudah beberapa cara saya coba tetapi malah selera makan saya tambah hilang. trims

  9. angga says:

    To Yeni,
    Jika memang adnexitis, bisa juga mempengaruhi menstruasi. Gastritis bisa pula mempengaruhi menstruasi walaupun tidak mempengaruhi secara langsung (dr Adika M).

  10. angga says:

    To Abdhi,
    Untuk menambah selera makan, usahakan pilih menu makan yang Anda sukai. Usahakan langsung makan begitu terasa lapar. Menunda makan dapat menurunkan selera makan. Usahakan juga jangan terlau capek dan stress karena juga bisa mempengaruhi selera makan Anda. Lakukan olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan menjaga pola tidur (dr Adika M).

  11. Said says:

    Saya dirawat inap selama 5 hr di rmh sakit, setelah periksa darah dan Usg dokter menyatakan saya menderita Gastritis Akut namun saya dinyatakan tdk adanya Bakteri tp gejala seperti Mual Muntah sakit di bagian Lambung tidak saya rasakan yg saya rasakan adalah Cepat masuk angin,cepat lapar kl tdak segera makan langsung lemas, susah tidur krn badan rasanya seperti kesemutan yg mengakibatkan terbangun dari tidur, berat badan turun 5kg,yg ingin saya tanyakan apakah gejala sy tersebut dikatagorikan Penyakit Gastritis? kl memang benar apakh sy dlm katagori Akut? untuk makanan apakah hrs selalu makanan halus (bubur)? dan utk terapi dan jenis obatnya apakah ada yg herbal…trm ksh

  12. angga says:

    To Said,
    Saya tidak bisa mengatakan gastritis akut atau bukan karena data pendukung tidak ada, tapi berdasarkan keterangan dari dokter ya kita katakan saja seperti itu. Insya Allah dapat dibantu dengan afiafit 3 x sehari 1 kapsul setelah makan (Andi Suhendi, Apt.)

  13. Gastritis merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarkat Asia. Hal ini dipengaruhi oleh pola makanan yang tidak teratur. Salah satu pengobatan yang paling baik adalah mengatur jadwal makan yang teratur dan hindari mkanan yang mengandung asam dan pedas. Bagi penderita gastritis silahkan mengatur pola makan yg tertaur dan bila anda bepergian atau ke ke kantor jangan lupa membawa makanan ringan.

  14. anto says:

    artikel yang bermanfaat, mkasih sdh berbagi.

  15. ito says:

    saya mengalami gejala mual,kembung,nafsu makan turun sering bersendawa sudah hampir 2minggu ini saya belum sembuh total, saya sudah minum obat maag padahal siang dan malamnya sudah mulai enak makan tapi setiap pagi bangun tidur perut terasa mual tidak mau muntah. apakah saya terkena gastritis?

  16. ervin ayu says:

    saya nsudah beberapa bulan, perut saya sering kembung dan ketika saya lagi haid perut saya kembungnya di bawah karena sakit yang amat hebat akhgirnya saya pingsan. beberapa hari kemudin saya dibawa kedokter katanya saya kena gastritis sudah minum obat hampir 1 bulan masih kembung. kira-kura saya mengidap penyakit apa?apa ada masalah dgn rahim saya?bagaimana cara mengatasinya?

  17. angga says:

    To: Ervin Ayu,
    Kemungkinan memeang anda menderita gastritis. Hal tersebut bisa diperparah ketika kondisi haid. Untuk mengetahui ada permasalahan di rahim atau tidak, perlu pemeriksaan USG (dr. Adika M).

  18. angga says:

    To: Ito,
    Ya. Itu disebbakan karena peningkatan asam lambung (dr. Adika M).

  19. margaret says:

    Dok,saya perempuan 18 thun,, saya merasakan mual setiap pagi, kalau tidak makan sesuatu saya pasti muntah tapi muntah.nya itu berupa air , jadi say setiap pagi selalu menyediakan permen supaya tidak mual,, kalau puasa saat berbuka perut itu terasa penuh bagian atas seperti itu terus, entah sehabis sahur atau saat menjalankan puasa, apa itu juga di sebut dengan gasitris dok? Saya merasakan itu sudah lama tapi saya biarkan saja, apa kalau memang gasitris bisa disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi madu?
    Saya mohon saran dan jawabannya terima kasih.

  20. angga says:

    To: Margaret,
    kemungkinan memang bisa disebabkan karena gastritis. Madu bisa untuk membantu penyembuhan gastritis, namun tidak cukup hanya dengan minum madu saja. Sebaiknya tetap dikombinasi dengan terapi medis untuk gastritis (dr. Adika M).

  21. Maryam says:

    saya sudah di fonis gastritis dngan ulkus,dan harus kontrol rutin 2 minggu sekali dgan obat di makan tiap hari.Kalau saya minum habatusauda apa dpat menimbulkan efek berbahaya atau boleh saja d mnum? kalo saya menghentikan pngobatan medis karena sdh terlalu banyak mengonsumsi obat medis, lalu saya beralih ke trapi tradisional(herbal) adakah efek negatifnya?

  22. angga says:

    to; maryam
    boleh minum habbatus sauda’, sebaiknya obat medis juga tetap dilanjutkan diminum.[dr.andika minioki]

  23. Saya Pria Umur 36 th. Saya sdh 2 Bln ini kata dokter mengalami Gastritis Kronis…..dmn saya Sdh Mengalami Nyeri ,Perut Membesar Dan Susah Nafas,Ulu Hati Terasa Sakit….Sdh Bbrp Obat Dari Dokter Saya Minum…Mulai Omeprazole,Ranitidine,Gastran Hingga Skrg LIBRAX….Tp Masih Terasa Sakit hingga berat badan saya Turun Smpai 5 Kg. Saya Sdh 4 Kali Selama 2 Bln Masuk RS. Tapi Obat Yg di Berikan Tetap Itu saja. Mohon BAntuan Obat Alami Yang Bisa Di Minum dengan Obat Medis Di atas…..!! Saat Ini SAya Minum Obat Librax dengan Dosis 2x1Hari Pagi Dan Malan Saja….!! Mohon Penjelasan Pendamping Obat Herbal yg cocok untuk Obat Medis dan Tata Cara Minumnya….?? Sebelumnya Saya Ucapkan Terima KAsih….. Dan Bisa Lsg Balas Ke Email Saya….( Harsoyo Utomo)

  24. angga says:

    To: Harsoyo utomo,
    Obat herbal yg bisa anda minum Afiafit. Diminum 3×1 kapsul sesudah makan. Beri jeda 1 jam dengan pemberian obat dokter (dr. Adika M).

  25. eci says:

    knp mual muntah terjadi pada adnexitis.?

  26. angga says:

    To: Eci,
    Adneksitis adalah peradangan yang terjadi pada ovarium (indung telur) dan sekitarnya. Bisa juga memepengaruhi fungsi organ pencernaan sehingga menimbulkan keluhan mual dan muntah (dr. Adika M).

  27. ninda sari aunsi says:

    saya menderita magh sejak kecil , sekarang sya sering sekali muntah cairankuning dan terkadang bercampur darah
    saya juga memiliki rasa takut berlebihan, saat saya sedang memikirkan sesuatu secaraberlebihan nafas saya terasa sesk dan badan saya gemetaran
    saya sudah mengkonsumsi obat dari dokter bahkan diberikan dosis tinggi tetapi saya tidak merasakan ada perubahan
    apkah magh saya sudah parah ?
    bagaimana saya bisa sembuh ?

Silakan Berkomentar