Konsultasi Sehat

Konsultasi Sehat

dr. Adika Minaoki
0857 4783 7290
Andi Suhendi, S.Farm., Apt.
0852 2649 4607

Artikel Sehat

Khasiat Habbatussauda’

practicenaturalcures.com - image taken from practicenaturalcures.com

practicenaturalcures.com - image taken from practicenaturalcures.com

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Jintan hitam (Habbatussauda’) dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektivitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7%. Dengan demikian, mengkonsumsi habbatussauda’ dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada tahun 1993, DR. Basil Ali dengan koleganya dari College of Medicine, di Universitas King Faisal mempublikasikannya dalam jurnal Pharmasetik Saud. Kemampuan ekstrak Habbatussauda’ diakui Prof . G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan bioregulator. Dengan demikian, Habbatussauda’ dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti kanker dan AIDS.

Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan. Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda’ juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan kepada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Meningkatkan bioaktivitas hormon. Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon di ataranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan gairah seksual. Salah satu kandungan Habbatussauda adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon.

Menetralkan racun dalam tubuh. Racun dapat menganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan keracunan dapat berupa diare, muntah, pusing, gangguan pernapasan dan menurunkan daya konsentrasi. Habbatussauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

Mengatasi gangguan tidur dan stress. Sapion yang terdapat pada Habbatussauda’ mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.

Anti histamin. Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asthma bronkial. Minyak yang dibuat dari Habbatussauda’ dapat mengisolasi dithimoquinone. Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderta asthma bronkial.

Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993 membuktikan kristal dari negelone memberi efek suppresive. Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkinasi C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin.

Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich. Yang melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70 % yang menderita alergi debu, serbuk, jerawat dan asthma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatussauda’). Dalam prakteknya Dr. Schleincher memberi resep Habbatussauda’ ke pasiennya yang menderita influenza.

Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri. Habbatussauda’ mengandung minyak atsiri dari minyak volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Pada tahun 1992, Jurnal Farmasi Pakistan membuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh membunuh strain bakteri V Cholera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti ampicilin dan tetrasiklin.

Melancarkan air susu ibu. Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonoal yang terdapat dalam minyak Habbatussauda’ dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian dimuat dalam literatur penelitian Universitas Potchetstroom tahun 1989.

Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita. Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrusi untuk meningkatkan isstem kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan anak sangat mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat pada Habbatussauda’merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak.

Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan. Kulit merupakan salah satu organ tubuh terluar yang penting. Fungsinya melindungi tubuh dari benturan fisik, kuman dan jamur. Habbatussauda’ sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan dan keremajaan kulit.

Nutrisi bagi lansia dan food suplement. Kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk orang yang berusia lanjut, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda’ mengandung 15 macam asam animo penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus diperoleh dari makanan.

Prinsip-prinsip anti tumor pada Kongres Kanker Internasional di New Delhi pada musim gugur yang lalu, minyak Habbatussauda’ diperkenalkan ilmuan kanker Immonobiologi Laboratory dari Carolina Selatan. Habbatussauda’ dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Interferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.

56 Komentar

  1. Ya, Alhamdulillah… dengan Habbassauda dan ijin Allah, orang yang mengidap asam urat menahun bisa sembuh…

    Cerita singkat, saya memberikan 1 botol untuk orang yang mengidap asam urat, yang katanya hanya bisa berbaring di tempat tidur, tidak bisa beraktifitas di sawah (profesi nya petani), dan sudah berobat kesana kemari, dalam waktu 1 bulan, Alhamdulillah beliau bisa mencangkul lagi di sawah, yang tadinya kakinya bengkak dan sangat sakit bila disentuh, sekarang Alhamdulillah tidak lagi.

    Intinya, dalam setiap pengobatan, yang penting YAKIN dan berserah diri pada Allah semata. Wallahualam.

    Wassalaam.

  2. ivan says:

    saya baru mau mencoba Insya Allah ada manfaatnya, saya mempunyai penyakit diabetes, asam urat dan tryglisid tinggi.

  3. Assalamualaikum
    saya sedang cari tulisan tentang habbatussauda dan cara pemberian dosis untuk stroke. Saya ingin bantu paman saya ada yang kena stsoke bisa sembuh engga dengan minum habbatussauda. Tolong dong karna allah soalnya beliau orang kurang mampu. Tolong kirim jawaban ke e-mail saya : rusli_smartinvesting@yahoo.com.
    Trimakasih atas bantuannya.

  4. luckyst says:

    saya sudah mengkonsumsi habbatussauda selama lima bulan lebih dan alhamdulillah setiap bulan jika saya kontrol ke dokter, sejak bulan pertama darah tinggi saya sudah normal.

  5. WAWAN SETIAWAN says:

    Dimana saya bisa mendapatkan habbatussauda dalam bentuk kapsul dan madu? Tolong konfirmasi ke saya nomer hp 0816 1313 446 atau email ke wanzet123@ yahoo.com, Terima Kasih atas infonya

  6. peki herian putra says:

    ass, apakah habbatussauda baik di konsumsi untuk penyakit jantung. dan bagaimana proses pembuatanya

  7. Abu says:

    Maaf,numpang permisi tulisannya di copy ke blog saya,bisa?

  8. Abu says:

    Maaf,numpang permisi tulisannya dicopy ke blog saya,bisa?

  9. Abu says:

    Maaf,numpang permisi tulisannya di copy ke blog saya,bisa? Taerima kasih

  10. mustofa says:

    Assalamualaikum wr.wb. maaf ane mau tanya habbatussauda itu apa?

  11. erwin kurniawan says:

    Pak saya mo tanya, teman saya sedang mengidap penyakit Anemia Plastic, dan kata dokter dia tidak bisa minum obat, yang bisa dilakukan hanya transfusi darah apabila sel darah merahnya berkurang. pertanyaanya bolehkah teman saya tersebut mengkonsumsi habatussauda

  12. reni says:

    di Malang kok belum ada agennya

  13. sadad says:

    saya sangat tertarik dengan habbatussauda karena manfaatnya banyak sekali, saya tahu obat tersebut melalui teman, terus saya coba menghubungi klinik global ikhwan yang ada di perumahan taman cilegon kebetulan yang punya Bpk. Dr. Indratmoko H.P, saya langsung menuju ke rumahnya dan berbincang-bincang dengan beliau, ternyata habbatussauda sangat bagus untuk semua jenis penyakit, tapi ingat kesembuhan hanya dari allah swt, manusia cuma hanya berusaha

  14. Lukman Thalib says:

    habbatussauda biasa saya gunakan untuk makan telur setengah matang. kayaknya nggak ada efek apa2 tuh.
    habbatussauda udah jadi bumbu masak di rumah saya, bukan lagi obat.

    mungkin karena saya belum pernah sakit kali ya…
    atau mungkin karena seijin ALLAH habbatussauda udah ngefek mempertahankan daya tahan tubuh ini.

  15. rea says:

    saya tertaqrik karena saya sedang hamil muda,bagaimana kegunaannya untuk ibu hamil, berapa harga untuk produk ini? sy di daerah cinere, limo. tks

  16. awaludin says:

    alhamdulillah setelah istri saya mengkonsumsi habbatussauda, keluhan gejala reumatiknya sudah berkurang. tolong info cara mendaftar untuk jadi pelanggan

  17. Assalamu’alaikum
    Pak Awaludin, terimakasih sudah mengisi kolom komentar pada website kami http://www.indoroyal.com. Untuk menjadi pelanggan kami dengan membeli produk AFIAFIT, Bapak dapat langsung menghubungi kami pada e-mail ini atau pada no HP 08157901652 (Telp/SMS). Bapak juga dapat memperoleh produk AFIAFIT pada agen terdekat di kota Bapak. Daftar Agen kami dapat Bapak lihat pada kolom sidebar kanan website http://www.indoroyal.com atau pada link Daftar Agen http://indoroyal.com/daftar-agen/

    Terimakasih atas perhatian Bapak.

    Wassalamu’alaikum

  18. Taty says:

    Asslamualaikum ana.dah.ckp.bnyak.tau.ttng.habbatussauda.tp.smpai.skrg.ana.blm.prnah.konsumsi.obt.tsb .pdhal.na.punya.banyak.penyakit.iAllah.kpn2 buat.yg.punya.banyk.penykt.konsumsi.aja.obt.ini.dan.jgn.lupa.ttp.YAKIN.ksembuhan.ad.d.tgnNya

  19. ahmad fahmi says:

    Assalamu’alaikum

    apakah pernah dilakukan penelitian tentang kandungan Jintan hitam (Habbatussauda’)dari sumber yang berbeda, misalnya tempat tumbuh atau asalnya beda( dari timur tengah dengan di indonesia)sehingga akan dapat di ketahui kandungan yang paling optimal untuk di gunakan sebagai pengobatan yang bersumber dari mana?

  20. musa sanjaya says:

    kami ada di bintaro, jakarta selatan, dimana agen terdekat afiafit yg ada di sekitar bintaro? kami ingin membeli produk ini.trima kasih.

  21. #Musa Sanjaya

    Yang terdekat adalah agen yang berada di Tangerang, Pak, dengan alamat sebagai berikut:

    Raka (Aneka Herbal Agency)
    Jl. Rasamala Raya No 25 RT 3/17 Perum 2, Karawaci Tangerang 15810

  22. dicky.zulkarnaen.lubis says:

    Ass.wr.wb
    Pertama-tama saya kenal habbatussauda dari calon istri saya dan saya coba badan tambah sehat serta tidak mudah sakit.Dulu saya kalau makan ikan laut dll serta ada asma saya coba minum habbatussauda sega;laa penyakit dalam tubuh saya sembuh.

  23. Mishal Abdul says:

    Salam,

    Boleh bg penerangan serba sedikit ttg bagaimana habbatus sauda boleh atasi masalah tekanan darah tinggi dan kurangkan kolestrol?

  24. suwito says:

    Ass.Wr.Wb
    Pertama -tama saya ucapkan salam kenal,disini saya mau tanya obat Hepatitis apa bisa dengan Habbatassauda
    dan kalau mengkonsumsinya secara rutin apakah tidak ada efek sampingnya dan bagaimana untuk bergabung menjadi distributornya apa syaratny.

    terimakasih
    hormat saya,

    SUWITO

  25. wa’alaikumussalam warahmtullahi wabarakatuh
    Insya Allah Afiafit bisa jadi sarana ikhtiar untuk pengobatan pak. Dan jangan lupa untuk berdoa meminta kesembuhan kepada yang mampu menyembuhkan, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala.

    Insya Allah untuk konsumsi herbal (dengan tidak dibarengi konsumsi obat kimia lainnya) tidak ada efek samping. Yang ada dalam konsumsi herbal (terutama di saat-saat awal) adalah adanya detoksifikasi, yaitu pengeluaran racun-racun tubuh.

    Tanda-tanda proses detoxifikasi adalah:

    1. Rasa sakit kepala terutama di belakang
    2. Keluar penyakit kulit
    3. Sakit pinggang
    4. Batuk berdahak
    5. Agak demam
    6. Salesma (Jawa: mbeler)
    7. Sakit kaki dari sendi
    8. Muntah dan mual

    Jangan hentikan pemakaian jika terjadi detoksifikasi. Karena ini menunjukkan obat bekerja.

    Untuk menjadi distributor bapak dapat membaca info di link berikut.

    Terima kasih.

    l

  26. Insya Allah habbatussauda’ bisa mengatasi tekanan darah tinggi dan mengurangi kolesterol. Namun, jangan lupa untuk tetap mengikuti diet sehat yang dianjurkan oleh ahli medis berkenaan dengan penyakit ini.

    Terima kasih.

  27. Eko says:

    Ass,
    saya baru mulai mengkonsumsi habbatussauda,mudah2an penyakit yg sy puny sembuh.Mohon do’a restu
    was

  28. Jangan lupa untuk tetap berdoa kepada Allah untuk kesembuhan Bapak. Syafakallah (semoga Allah menyembuhkan engkau).

  29. fatra says:

    obat untut penyempitan tuba falopi apa ya ? mohon dong.

  30. Mita A.P. says:

    assalamu’alaikum wr. wb.

    Ayah dan ibu saya mengkonsumsi habbatussauda. tiap sahur dan buka masing-masing 2 butir. namun, setelah minum selama beberapa hari, ibu mengalami anyang-anyangen (rasa ingin pipis yang berlebihan dan sakit sekali) dan ayah mengalami sakit pinggang. yang saya tanyakan;
    1. apakah hal itu merupakan efek samping dari habbatussauda?
    2. apakah efek samping tersebut dapat mengakibatkan kerusakan organ misalnya ginjal?
    3. apa yang seharusnya dilakukan?

    tolong kirim jawaban ke email saya: mita_apcute@yahoo.co.id

    terima kasih

  31. suriati says:

    dimana bisa dibaca jawaban dari pertanyaan diatas? sy pingin tau apa habbatussauda boleh untuk wanita hamil

  32. Eny Sutyarko says:

    Hasil MCU trigliserida saya kategori batas atas, jika saya mengkonsumsi habbatussauda, memerlukan berapa butir? Tolong jawabanya ke email saya: http://eny.sutyarko@gmail.com

  33. Aniq says:

    سبحان الله
    tidakkah antum membaca ada saudara2 antum yg benar2 membutuhkan jawaban atas pertanyaannya:amankah HS dikonsumsi oleh wanita hamil muda?
    Brgsiapa diantara antum yg mpyi ilmu tentangnya mohon sudilah kiranya untuk membantu menjawabnya,karna slain yg bertanya di forum ini pun juga banyak yg membutuhkan informasi tsb. Atas perhatian dan jawbn yg diberikan saya sampaikan جزاكم الله خيرا

  34. angga says:

    Bismilah. Pertanyaan ini memang sering ditanyakan oleh ibu hamil. Dalam kehamilan, makanan yang dikonsumsi harus benar-benar terkontrol. Secara umum, ibu hamil hendaknya menghindari minum jamu. Inilah yang disarankan hampir oleh semua dokter kepada ibu hamil. Hal ini dikarenakan belum adanya kepastian tentang tingkat keamanan kandungan jamu pada ibu hamil. Lalu bagaimana dengan Habbatus sauda’? Memang tidak diragukan lagi manfaat yang sangat banyak pada kandungan Habbatus sauda’. Namun penggunaannya pada wanita hamil harus lebih cermat. Belum ada penelitian (setau kami) tentang seberapa tingkat keamanan konsumsi Habbatus sauda’. Para pakar kesehatan pun juga masih berbeda pendapat, dan semuanya juga masih berdasarkan teori. Bahkan terdapat penelitian yang menyebutkan Habbatus sauda’ dosis tinggi dapat memacu terjadinya keguguran Kesimpulannya, tingkat keamanan Habbatus sauda’ pada ibu hamil masih dipertanyakan, sementara sisi manfaat dari mengkosnumsi Habbatus sauda’ bisa digantikan oleh suplemen lainnya yang lebih aman. Oleh karena itu, saran kami sebaiknya hindari konsumsi rutin Habbatus sauda’ selama hamil, terlebih lagi pada trimester 1 dan 2 di mana pada trimester tersebut terjadi pembentukan dan perkembangan organ janin.Wallahu a’lam.

  35. Adhie Nurcahyo says:

    Assalamualaikum…saya baru 3 hari mengkonsumsi habbatussauda 2×2 sehari.Ketika hari ke 3..( Maaf )buang air besar saya mencret dan ada darah dan setelah buang air besar itu perut sblh kiri agak berasa panas dan mual, memang beberapa hari sebelumnya perut saya berasa kurang enak. apakah itu reaksi dr habbatussauda? mohon penjelasannya.terima kasih

  36. angga says:

    Keluhan yang Anda sampaikan bisa jadi merupakan detoksifikasi atau bisa juga karena penyebab lain. Apalagi Anda sudah merasa kurang enak beberapa hari sebelumnya. Sementara coba kurangi dosisnya jadi 2×1 kapsul per hari. Jika keluhan sudah berkurang, bisa kembali minum dosis 2×2.

  37. gana2 says:

    ayah sy sdh 5 thn anemia plastic, HB trus turun setiap bulannya, sekarang beliau terserang sakit badian tulang belakang , tlg bantu informasi mengenai obatnya , tks , salam . Ghana

  38. angga says:

    Anemia aplastik merupakan suatu kondisi dimana tulang/ tubuh anda berhenti memproduksi sel darah baru. Sehingga tidak hanya darah merah saja yang tidak diproduksi tapi juga sel darah putih. Sel darah merah berfungsi membawa sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh, dan sel darah putih berperan sebagai pertahanan tubuh dari bakteri dan virus patogen.

    Orang yang mengalami kondisi ini akan cepat capek, pusing, detak jantung tidak teratur, nafas pendek, pendarahan dan mudah diserang infeksi.

    Gejala yang anda ceritakan itu merupakan wujud yang memang dialami oleh penderita anemia aplastik.
    sampai saat ini belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi, tapi ditengarai merupakan faktor keturunan, obat-obat tertentu, pola makan yang tidak sehat dan stress.
    terapi yang dianjurkan sekarang ini adalah transfusi darah, transplatasi tulang, obat-obat imunosupressan (kombinasi siklosporin dan thymoglobulin), kortikosteroid (metil prednisolon), antibiotik dan antivirus.
    Artinya tidak ada obat yang mujarab dan cepat untuk mengatasi masalah ini. Tapi Kita harus tetap berusaha.

    Penanganan di rumah juga tidak kalah pentingnya yaitu, pasien tidak banyak beraktifitas, hindari aktivitas yang dapat menimbulkan luka, dan jaga kondisi/ fitalitas tubuh agar tidak mudah diserang infeksi (diare, flu, infeksi saluran pernafasan, dll)

    Obat-obat herbal khususnya AFIAFIT dapat dipakai untuk membantu meningkatkan pertahanan tubuh (imunitas) dan keluhan lainnya seperti detak jantung yang tidak teratur, lemah dan lesu.

    Dosis awal yang kami anjurkan pada awal pemakaian adalah 3x sehari 1 kapsul, dapat dinaikkan menjadi 3xsehari 2 kapsul setelah 2 pekan dan tidak ada keluhan detoksifikasi.

    Demikian penjelasan kami, semoga dapat bermanfaat dan Allah memberikan kesembuhan (Andi Suhendi, Apt.)

  39. Bisa nggak untuk mengobati keputihan dan kalo boleh tahu adakah efek jangka panjangnya jika kita mengkonsumsinya setiap hari..

  40. angga says:

    Untuk mengurangi keluhan keputihan, coba minum Afiafit dengan dosis 2×2 kapsul. InsyaAllah tidak masalah diminum jangka panjang jika diminum sesuai aturan.

  41. nezty says:

    saya mw tanya apakah habbatussauda aman bagi ibu hamil…. saya penah baca dai salah satu situs inernet klo wanita hamil tidak di perbolehkan pada wanita hamil…karena sifatnya yang abortus dalam dosis yang besar jadi gmn jelasny

  42. nezty says:

    saya maw tanya habbatussauda apakah aman bagi wanita hamil..saya penahg baca juga di internet..habbatussauda….bisa bersifat abortus dalam dosis yang besar….jadi gimana jelasny..jawabany kirim melalui fb nezty_balqis@yahoo.com trm kasih

  43. angga says:

    Pada dasarnya jika belum ada data ilmiahnya kita belum bisa mengatakan itu aman atau tidak terhadap ibu hamil. Untuk lebih hati-hati memang dosis menjadi perhatian dan juga kapan diminumnya?
    Jika Ibu hamil minum pada trisemeter pertama kehamilan maka itu terlalu beresiko apalagi dengan dosis besar. Sehingga yang lebih aman adalah minumnya pada trisemester kedua kehamilan dengan dosis lebih rendah dari biasanya.

  44. lia says:

    sebelum hamil saya sering mengkonsumsi habadtussauda tdk ada keluhan dan badan saya terasa nyaman dan sehat aja setelah hamil sekarang sdh memasuki bulan kelima kaki tangan dan pundak saya terasa kesemutan dan nyeri apakah sekarang saya bisa kembali mengkonsumsi nya dan amankan buat kehamilan saya tolong jawabannya

  45. angga says:

    Bisa. Minum sehari 2-3 kapsul. Olahraga ringan secara teratur penting untuk menjaga kehamilan. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah segar (dr Adika M).

  46. Andrea says:

    Assalamualaikum .saya tidak ada keluhan apa2.bolehkah saya minum habbatusauda.adik saya menderita tbc kelenjar.bisakah diobati dg afiafit.berapa dosisnya.apakah obat kimia hrs dihentikan dl atw gmn.mohon jawabannya.mksh

  47. Vina says:

    Asslmu’alaik.afwan sya seorg ibu yg sedang hamil muda namun akhir-akhir ini ada gangguan pada payudara dan mencoba konsumsi AFIAFIT.apakh tdk brpengaruh pada janin?trims ats jwbanx

  48. nurul annisa says:

    asslm,,, saya menderita maag kronis saat bulan puasa hari ke-3,,, sya tdak trllu suka obat,,, llu sy ditawari herbal dbs habbatusauda,,, gejala maag saya memang berbeda,,, tidak ada keluhan nyeri pada ulu hati namun saya sering sekali mual dan muntah jantung berdebar, nafas pendek dan sulit tidur juga tidak tahan dingin,,,

    akhirnya saya membiasakan minum herbal ” habbatusauda ” namun setelah minum bbrpa jam kmudian saya mual dan muntah ,,,, itu terjadi setelah makan dan minum ,,, mual muntah itu trjadi lgi,,,

    pertanyaannya :

    yang ingin saya tanyakan,,, apakah itu efek habbatusauda atau kebetulan asam lambung saya sedang tinggi ,,,, karena sulit diketahui gejalanya,,, sebelum konsumsi habbatusauda saya juga sering kambuh seperti mual dan muntah,,, saya sudah seminggu mengkonsumsi habbatusauda tapi belum ada perkembangan ,,, sering mual muntah jantung berdebar terus sulit tidur,,,

  49. angga says:

    To Nurul Annisa,
    Kemungkinannya mual muntah terjadi karena pengaruh asam lambung /maag yang sudah kronis. Habbatus sauda’ tidak menyebabkan mual muntah. Saran kami karena penyakitnya kronis dan cukup parah, sebaiknya periksakan langsung ke dokter dan perlu adanya terapi obat medis (dr Adika M).

  50. Ummu hafshoh says:

    Sy prnh mengkonsumsi hbtsda,tp sy hentikan dikrnakan jntung sy jdi brdebar2 dan mulut jd kering slama mnggunakanny. Apkh itu efekny? Mhn jelaskan krn sy ingin skli mngknsumsiny lg krn sy ada bnjolan di pydra bagian bwh,dan jg napas sy yg pndek dan agak sesak. Mhn jwbnny,jazakalloh khoiron.

  51. angga says:

    To Ummu Hafshoh,
    Jika ketika minum berdebar-debar, sebaiknya dihentikan. Anda bisa mencoba herbal habbatus sauda’ produk yang lain (dr Adika M).

  52. Intan says:

    Ass, Saya mempunyai bayi berusia 10 bulan. Bagaimana bila saya memberikan Jintan hitam ini kepadanya. Karena mengandung omega 3 yang baik untuk otaknya. Cuma bagaimana dengan dosis dan cara mengkonsumsinya pada bayi saya?
    Terimakasih.

  53. angga says:

    To: Intan,
    Untuk anak di bawah lima tahun, herbal yg cukup aman diminum adalah madu dan sari kurma (dr Adika M).

Silakan Berkomentar